Kalibrasi Batrai Laptop - Cara Menghilangkan Tanda Silang Merah Pada Batrai Laptop



Syahrul27 – Anda pernah atau anda sedang mengalami masalah seperti pada gambar di atas ? Ya, terdapat tanda silang pada logo batrai dan ketika di klik tertulis Consider Replacing Your Battery. Saat  anda mengalami hal tersebut, apa yang ada di fikiran anda ? Pasti anda berfikir bahwa mungkin batrai laptop saya sudah rusak. Namun jangan langsung beranggapan seperti itu, saat anda mengalami masalah ini, ada 2 kemungkinan, yaitu:
1.. Mungkin saja batrai laptop anda sudah mulai rusak karena saat mengalami hal ini, batrai laptop tidak akan bertahan dalam waktu yang lama.
2.. Dan mungkin juga, pembacaan pada status batrai anda mengalami gangguan sehingga mengalami hal tersebut.

Namun jangan khawatir, kita akan coba memperbaiki hal tersebut, dan apabila cara ini telah dilakukan dan hasilnya masih saja seperti semula yaitu ada tanda silang merah, berarti batrai laptop anda sudah mulai rusak, namun apabila tanda silangnya sudah hilang, maka batrai laptop anda bisa dikatakan masih aman-aman saja. Oke kalau begiu mari kita mulai memperbaikinya, nama caranya yaitu “Mengkalibrasi Batrai”, 

caranya adalah :
1.. Charge batrai laptop sampai Full Charge atau 100%, saat di charge saya anjurkan agar tidak menggunakan laptop anda. Setelah Full jangan sekali-kali mencabut Charge anda.
2.. Setelah Full dan anda pastikan Charger anda tidak dicabut, selanjutnya Re-Start Laptop/PC anda, saat Proses Booting ( sebelum logo windows muncul ) tekan secara terus menerus tombol F8, hal ini dimaksudkan agar laptop anda masuk kedalam Windows Safe Mode.
                Note = Jika cara ini tidak berhasil, maka nanti saya akan memberikan cara lain untuk masuk ke Windows Safe Mode.
3.. Saat laptop anda sudah masuk kedalam Windows Safe Mode, silahkan cabut charger anda.
4.. Tunggu sampai laptop Lowbat atau 0% sehingga laptop anda akan mati sendiri, namun harus anda pastikan, jangan menggunakan atau mengoperasikan Laptop anda saat Mode ini, karena disini anda akan melihat daya sebenarnya laptop ini, jika masih bertahan selama 1 jam lebih, maka bisa dikatakan laptop anda masih sehat, namun jika kurang dari 1 jam, maka silahkan anda berfikir apa maksudnya itu.
5.. setelah Lowbat atau 0%, pasang kembali Charger anda dan nyalakan laptop anda. Nah, silahkan berdoa agar tanda silang pada laptop anda hilang.

Cara lain untuk masuk di Windwos Safe Mode.
1.. Tekan tombol windows lalu ketikan “ Msconfig “, dan tekan enter.

2.. Pilih tab Boot, dan pada boot pilih “ Safe Boot “


3.. Klik “ OK “, maka laptop anda akan meminta restart.

Apabila anda menggunakan cara ini, maka anda harus mengeluarkan sendiri Windows Safe Mode setelah proses Kalibrasi selesai, yaitu dengan cara yang sama dengan cara lain Masuk di Windows Safe Mode, yaitu hilangkan tanda centang pada Safe Boot dan klik OK.

Thanks sudah baca, semoga batrai laptop anda tetap awet dan tahan lama.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment