7 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Hingga Mahir 101%




Syahrul27 – Bahasa Inggris, siapa yang tidak tahu bahasa ini ? Ya, Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang dapat digunakan dimana saja. Dimana saja ? Ya, dimana saja (asal lawan bicaranya ngerti sih, hehe). Yah, artikel kali ini adalah cara mudah belajar Bahasa Inggris dengan Mudah, saya mengambil judul ini karena biasanya orang lain  menggunakan kata kunci cara cepat, yah memang judulnya cara cepat, namun setelah dijalani malah tida seperti yang tertulis di judul, dan cara cepat tersebut membuat kita kadang bosan dan bukannya cepat mahir malah bosan duluan, sebenarnya belajar bahasa inggris itu mudah saja cukup dengan keyakinan bahwa anda bisa melakukannya dan perbanyak latihan.
Berikut ini 7 cara mudah belajar Bahasa Inggris versi Syahrul27 :
1.       Yakinkan Diri Anda Sendiri
Hal pertama yang harus anda lakukan dalam melakukan sesuatu adalah yakinkan diri anda terlebih dahulu, yakinkan bahwa anda bisa melakukan hal tersebut, termasuk dalam belajar, termasuk juga belajar bahasa inggris, yakinlah bahwa Bahasa Inggris itu adalah hal mudah yang dapat anda pahami. Intinya adalah keyakinan. Okey, Setelah anda yakin mari ke langkah selanjutnya.
2.       Berlatih Mengucapkan Alfabet dalam Bahasa Inggris
Yah, Alfabet atau lebih biasa disebut huruf adalah hal dasar dari semua bahasa, tidak terkecuali Bahasa Inggris. Namun kita tahu bersama bahwa penyebutan Alfabet Inggris sangat berbeda dengan Indonesia, misalnya saja dalam bahasa Indonesia kita Mengucapkan “A” dan dalam bahasa inggris kita mengucapkan “ei”, dan begitulah seterusnya, maka cobalah hafalkan Alfabet dalam bahasa inggris.
3.       Perbanyak Kosa Kata (Vocabulary)
Setelah anda dapat dengan mahir mengucapkan huruf per huruf dalam bahasa inggris, anda pasti bisa mengucapkan beberapa Vocabulary dasar, seperti Eat, Drink, Sleep, etc. Maka dari itu anda tinggal membuka kamus anda dan coba hafalkan setiap kata yang anda lihat atau baca dalam kamus tersebut beserta artinya, ulangi hal tersebut hingga banyak perbendaharaan kata atau vocabulary yang anda miliki.
4.       Belajarlah Membuat Kalimat
Setelah anda menguasai penyebutan Alfabet dalam bahasa inggris, dan kemudian anda juga telah memiliki cukup banyak perbendaharaan kata, tunggu apa lagi, cobalah untuk membuat sebuah kalimat, walaupun masih salah-salah dalam pengaturan atau susunan katanya, tapi itu tidak apa-apa, cobalah terus sampai anda mahir dalam membuat kalimat pendek atau sederhana.
5.       Belajar Grammar (Aturan Tata Bahasa Inggris)
Nah, disinilah yang saya anggap sulit dan sampai saat ini saya masih belum mahir, yaitu Grammar, hal ini adalah hal yang yang penting dalam bahasa inggris, karena bisa saja lawan bicara kita tidak mengerti apa yang kita katakan apabila grammar atau tata bahasa yang kita gunakan salah, bisa saja terjadi Misunderstanding, maka dari itu marilah kita bersama-sama mempelajari tata bahasa atau grammar. Namun dalam beberapa hal, kadang grammar ini bisa saja tidak digunakan.
6.       Belajar Writing, Listening, dan Speaking
Setelah anda dapat menguasai 5 langkah diatas, selanjutnya adalah tingga mempermantap bahasa inggris anda, yaitu melalui lingkaran Writing-Listening-Speaking. Yah, mulailah dari Writing atau menulis kata-kata atau kalimat, mulai dari yang mudah, sedang, dan susah. Selanjutnya Listening, cobalah untuk mendengarkan apa yang dikatakan orang lain dalam bahasa inggris dan kemudian cobalah untuk mengucapkannya atau Speaking. Jika anda telah bisa menguasai ketiga hal ini, anda sudah bisa dikatakan bisa berbahasa inggris.
7.       Permantap Bahasa Inggris
Permantaplah Bahasa Inggris anda, hal ini dapat anda lakukan melalui banyak hal, seperti mendengarkan lagu-lagu dalam bahasa inggris, film berbahasa inggris dan coba ikuti lagu tersebut serta cobalah untuk menulis apa yang anda dengar, lakukan ini berulang-ulang dan jangan cepat berpuas diri erhadap apa yang anda miliki saat ini. Dan cara yang paling efektif dalam berbahas inggris adalah dengan membiasakan diri berbicara bahasa inggris,  baik dengan teman-teman anda maupun diri anda sendiri.

Mungkin hanya itu 7 cara mudah berbahasa inggris hingga mahir, semoga anda dapat menguasai bahasa inggris dengan sebaik-baiknya. Ikutlah kursus bahasa inggris jika menurut anda itu perlu.

Terimakasih telah membaca artikel ini, jika anda suka silahkan tinggalkan komentarnya dan bisa juga di share di media sosial lainnya (y).

Previous
Next Post »
Thanks for your comment