Sejarah dan Dasar-Dasar Bahasa Pemrograman C++



Struktur Bahasa C++

Syahrul27 - Siapa yang tidak tahu C++ ? C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh banyak programmer saat ini di seluruh dunia, jadi jika tidak mau ketinggaan, siahakan ikuti pembahsan dibawah ini.
Sejarah C++

Pada tahun 1978, Brian W. Kerninghan & Dennis M. Ritchie dari AT & T Laboratories mengembankn sebuah bahasa B menjadi bahasa C. Bahasa B yang merupakan ciptaan Ken Thompson sebenarnya merupakan pengembangan dari bahasa BCPL yang artinya Basic Combined Programming Language yang penciptanya adalah Martin Richard. Sejak tahun 1980, bahasa C banyak digunakan di Eropa yang sebelumnya menggunakan bahasa B dan BCPL. Dalam perkembangannya, bahasa C telah menjadi bahasa paling populer diantara bahasa-bahasa program lainnya, seperti Pascal, Basic, Fortan, dll.
Pada tahun 1989, dunia pemrograman C mengalami peristiwa penting dengn dikeluarkannya standar bahasa C oleh ANSI ( American National Standars Institusi). Bahasa C yang diciptakan oleh . Kerninghan & Dennis M. Ritchie, dikenal dengan nama ANSI C. Saat awal tahun 1980, Bjarne Stroustrup dari AT & T Bell Laboratories mulai melakukan pengembangan bahasa C.
Pada tahun 1985, lahirlah bahasa baru yang merupakan pengembangan bahasa C, yaitu C++. Sebenarnya bahasa C++ mengalami dua tahap evolusi, C++ yang pertama, dirilis oleh AT & T Laboratories, yang dinamakan cfornt C++, versi kuno ini hanya berupa kompiler yang menterjemahkan C++ menjadi bahasa C. Lalu, pada evolusi selanjutnya, Borland International Inc. Mengembangkan kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang mampu mengubah bahas C++ langsung menjadi bahasa mesin, atau biasa disebut assembly. Sejak evolusi ini, mulai tahun 1990 C++ menjadi bahasa berorientasi objek yang digunakan oleh sebagian besar pemrgraman professional.

Struktur Bahasa C++
Contoh Source Code :
// contoh program bahasa C++
#include<iostream.h>
int main () {
cout<<”syahrul27.blogspot.com”;
return 0;
getch;
}
Hasil/Output :
 syahrul27.blogspot.com

Berikut ini penjelasan tentang source diatas.

1. // contoh program bahasa C++
Baris ini disebut komentar.  Semua baris yang dimulai dengan dua garis miring (//) disebbut komentar, dan tidak akan berpengaruh dalam kode source yang anda buat, dan tidak akan muncul dalam output program anda. Biasanya digunakan oleh programmer untuk memperjelas sebuah keterangan.

2. #include<iostream.h>
Kalimat yang diawali tanda pagar (#) adalah preprocessor directive. Bukan merupakan baris kode yang dieksekusi, tetapi indikasi untuk kompiler. Pada source ini kalimat diatas memberitahukan kepada kompiler untuk menyertakan header file standar yaitu iostream. File ini juga termasuk library standar I/O pada C++ dan ini disertakan karena fungsi-fungsinya akan digunakan dalam program nantinya.

3. int main ()
Baris ini mencocokan pada awal dari deklarasi fungsi main. Karena fungsi main merupakan awal dari semua program C++ yang akan dieksekusi. Semua program C++ memiliki fungsi main. Dan diikuti oleh sepasang tanda tanda kurung (), karena merupakan fungsi. Pada C++, semua fungsi diikuti oleh sepasang tanda kurung, karena didalamnya dapat berisi argumen didalamnya.

4. cout<<”syahrul27.blogspot.com”;
Hal ini sangat penting dalam pembuatan program, cout merupakan standar output pada C++, dan harus diikuti dengan tanda <<. Cout hanya dapat dideklarasikan dalam header iostream.h.

5. return 0;
Instruksi dari return menyebabkan fungsi main() tadi berakhir dan mengembalikan kode yang mengikuti fungsi main tersebut, daam hal ini mengembalikan ke 0, atau ke nilai asal. Ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengakhiri sebuah program yang dibuat.

6. getch;
Instruksi ini berfungsi untuk menahan program yang berjalan, dalam hal lain seperti fungsi pause, yaitu menghentikan sementara program yang berjalan, atau menahannya agar tampilannya bisa terlihat.

7. Tanda {}
Yaitu tanda yang membuka dan menutup sebuah program. Dalam hal ini membuka sebuah program setelah instruksi int main (), dan ditutup setelah instruksi getch;.

C++ cukup memiliki pesaing dengan bahasa pemrograman lainnya, seperti Bahasa Pascal, Bahasa C, Bahasa C# dan bahasa lainnya.

Cukup sekian penjelasan singkat dari saya, bila ada yang tidak jelas silahkan tinggalkan komertar dibawah.
Terima kasih.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment