DMCA - Amankan Konten Anda Dari Copy Paste Orang Lain


Syahrul27 - Anda hobi menulis ? Tulisan anda sering anda muat dalam halaman blog atau website anda ? Sepertinya anda semua harus berhai-hati terhadap orang-orang yang juga suka menulis di blog, namun bukan tulisan asli, melainkan hasil copas, atau copy paste. Bisa saja tulisan tangan asli anda yang di copas.
Nah, cara ini mungkin bisa mengamankan konten atau isi blog anda dari para orang-orang yang hanya bisa copas tanpa bisa menulis sendiri. Caranya yaitu dengan memasang DMCA atau Digital Millenium Copyright Act.
Disini saya akan memberikan cara untuk mendaftar DMCA agar konten blog teman-teman semua menjadi aman.

1. Cara pertama yang harus anda lakukan adalah masuk Disini.
Lalu masukkan data-data yang diperlukan, khususnya Alamat email, karena disini kalian akan diberikan password untuk akun anda, kemudian klik Submit, lalu buka alamat email anda dan lihatlah email dari pihak DMCA. Contohnya pada gambar dibawah ini.
Sign In DMCA

 2. Setelah anda mendapatkan email dari pihak DMCA, kemudian klik Disini. Masukkan email anda tadi, kemudian masukkan password yang anda terima melalui email tadi.
Log In DMCA
 3. Setelah Log In, selanjutnya klik Add Badges To Your Site seperti pada gambar.
Add Badges To Your Site
 4. Setelah mengklik seperti pada langkah ke 3, maka anda akan dialihkan ke type badges yang anda inginkan, anda tinggal pilih bentuk seperti apa yang anda inginkan, kemudian copy pastekan kode atau source yangg ada dibawahnya. sekedar info, bentuk dari DMCA ini tidak berpengaruh, maksudnya apapun bentuknya, fungsinya tetap sama,
Pilih Badges Yang Anda Inginkan
 5. Setelah anda copy pastekan kodenya, selanjutnya buka blogger > Tata Letak > Tambah Gadget > Pilih HTML/Java Script seperti pada gambar.
HTML/Java Script
 6. Maka akan muncul seperti pada gambar, masukkan judul yang anda inginkan, apa saja boleh lah. Kemudian paste/tempelkan kode atau source yang anda copy tadi di pemilihan Badges, kemudian pilih simpan.
Konfigurasi HTML/Java Script
 7. Klik Simpan stelan pada blogger, lalu buka halaman blog anda. Maka DMCA sudah muncul seperti pada gambar di bawah ini.
DMCA syahrul27.blogspot.com
8. Selesai.

Bagaimana proses pemasangan DMCA ? gampang bukan. Nah, sekarang anda sudah aman terhadap copy paste, Namun DMCA ini bukan berarti konten kita tidak bisa di copas, melainkan jikak onten kita di copas, maka orang yang mengcopas artikel/konten kita akan ditindak lanjuti oleh google.

Oke, cukup sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi kalian semua. silahkan baca artikel lain di blog ini dan jangan lupa tinggalkan komentarnya :).
Terimakasih..
Previous
Next Post »
Thanks for your comment