Tentang Asus Zenfone
Seperti kita ketahui bahwa Asus merupakan Top ke-2
produsen Laptop/Notebook dan penghasil Mainboard terbaik di dunia serta
menempati posisi pertama khususnya di Indonesia. Dan kini Asus hadir dengan
Inovasi barunya yaitu dengan memproduksi Smartphone canggih dengan harga
terjangkau dan memberinya nama Zenfone, hal ini untuk ikut bersaing di
persaingan pasar Smartphone. Asus menciptakan smartphone bertujuan untuk
menempatkan kemampuan komputasi notebook yang bertenaga untuk memenuhi
kebutuhan komputasi sehari-hari ke sebuah smartphone, karena Asus memandang
bahwa Smartphone adalah komputer yang dapat dibawa dalam genggaman tangan.
Adapun
Produk Asus Zenfone diantaranya :
Zenfone 4 ini adalah keluarga Zenfone yang
memiliki spesifikasi yang minim dari Zenfone lainnya, namun di kelasnya,
Smartphone ini dapat dibilang canggih dengan RAM 1 GB, Layar 4 Inch serta
Processor Dual Core 1.2 GHz Intel Atom, dan dengan harga resmi Rp. 1.000.000.
Zenfone 4S ini bisa disebut sebagai
penyempurna dari Zenfone 4, hal ini dikarenakan banyaknya keluhan konsumen pada
segi baterai dan kamera, oleh karena itu telah disempurnakan dengan penambahan
daya baterai dan pemberian LED Flash dan banyak fitur lainnya serta dengan
penambahan layar mendaji 4.5 Inch.
Zenfone 5 ini hadir setelah Zenfone 4 dan 4S
hadir, tentu dengan bertambahnya spesifikasi yang dimiliki dan tentu lebih baik
dari sebelumnya. Spesifikasinya diantaranya Menggunakan Processor Intel Atom
1.6 GHz Dual-Core dengan RAM 1 GB, dengan layar 5 Inch, beserta kapasitas
baterai 2050 Mah Non-removable. Dengan harga resmi Rp. 2.099.000.
Zenfone 6 adalah sebuah phablet Android 4.3
dengan ukuran layar 6 inch, bisa dibilang menggebrak pasar smartphone saat ini,
dikarenakan speknya yang termasuk tinggi, sebut saja: processsor Intel Atom
2GHz Dual Core, RAM 2GB dan kamera 13MP
dengan kapasitas baterai 3230 MAh. Dengan harga resmi Rp. 3.099.000.
Zenfone
2 Diawal
tahun 2015 ini Asus Zenfone menghadirkan seri terbaru yaitu Zenfone 2. Dengan spesifikasi
yang sangat tinggi seperti Processor Intel Atom 3GHz Dual core 64-bit, tersedia
RAM 2 GB dan 4 GB yang merupakan pertama di Indonesia. Meskipun spesifikasinya
termasuk kelas atas, namun Zenfone 2 untuk RAM 2GB dihargai sekitar Rp. 2,5
Juta dan RAM 4 GB dihargai sekitar Rp. 3,1 juta.
Analisis
SWOT
•
Strenght/Kekuatan brand Zenfone yang di produksi oleh
Asus adalah pada segi kualitas dengan
bahan yang sangat baik beserta model yang trendi dan modern dan memiliki
Spesifikasi yang sangat tinggi seperti Processor pada Smartphone ini adalah
Intel Atom Dual-Core, RAM sampai 4 GB, Kualitas kamera yang tinggi sampai 13
Megapixel, dan yang pastinya kesemua itu terdapat dalam satu buah Smartphone
yang dihargai dengan relatif murah.
•
Weakness/Kelemahan pada brand ini mungkin terletak
pada penggunaan daya baterai yang bisa dibilang kurang dan cepat habis,
walaupun kapasitas baterai bisa dibilang tinggi, namun karena menggunakan
Processor Intel Atom Dual-Core yang memakai daya tinggi, maka daya baterai bisa
cepat habis atau boros.
•
Opportunity/Kesempatan yang dimiliki Asus Zenfone
adalah dengan terus meningkatkan Spesifikasi yang semakin baik dari sebelumnya
dan memberikan apa yang diharapkan konsumen agar Asus Zenfone ini dapat terus
berjaya di persaingan pasar Smartphone karena saat ini sudah memiliki nama yang
cupuk besar.
•
Threat/Ancaman pada Asus Zenfone adalah memungkinkan
banyaknya produsen Smartphone lainnya yang juga menggunakan strategi
Spesifikasi tinggi dengan harga terjangkau, seperti sekarang in sudah banyak
sSmartphone murah yang memiliki spesifikasi tinggi yang akan menyaingi Asus
Zenfone ini.
Strategi
Pemasaran
Zenfone merupakan pendatang baru
di persaingan Smartphone canggih saat ini, untuk itu pasti memerlukan strategi
yang sangat baik untuk bisa bersaing dengan produsen-produsen Smartphone
lainnya.
Adapun strategi pemasaran yang
digunakan Asus sebagai produsen yang mengeluarkan Smartphone Zenfone ini, yaitu
dengan dihadirkan secara bertahap dan memiliki Spesifikiasi yang bisa dibilang
sangat tinggi tetapi dengan harga yang relatif murah dibanding dengan
Smartphone dari perusahaan yang sudah memiliki Branded. Lalu asus mengeluarkan
Zenfone ini secara bertahap dengan dengan jumlah yang sangat minim sehingga
para konsumen akan dibuat penasaran terhadap Zanfone ini. Hal ini dimaksudkan
untuk memancing konsumen supaya selalu menanyakan dan mencari informasi tentang
Zenfone dan fitur-fiturnya, sehingga secara tidak langsung konsumen akan selalu
menuggu dan mengingat brand Asus Zenfone dan menunggu Zenfone keluaran
terbarunya.
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon